Gelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru, FPH UTS Membuka Kesempatan bagi Masyarakat Dompu- Bima Kejar Mimpi

 

Foto bersama antara Masyarakat desa Diha dengan Tim Sosialisasi FPH di depan kantor Desa Diha, Jum’at (03/05). (Doc : Humas FPH)

Sumbawa (05/05) – Fakultas Psikologi dan HUmaniora (FPH) Gelar sosialisasi PMB di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima yang dilaksanakan pada Hari Kamis (02/05) sampai dengan Jumat (03/05) diselenggarakan di lima (5) desa, yaitu: Desa Ta.a, Desa Dorokobo, Desa Soka, Desa Necra, dan Desa Diha. Kegiatan sosialisasi ini disambut baik oleh aparatur desa dan tokoh masyarakat setempat. Selain itu. Kegiatan ini merupakan rangkaian panjang dari sosialisasi penerimaan mahasiswa UTS, secara khusus, informasi mengenai kesempatan untuk menempuh perguruan tinggi terkhususnya di Universitas Teknologi Sumbawa.

Lima desa di atas telah menjadi mitra dari Fakultas Psikologi dan Humaniora dalam berbagai kegiatan yang meliputi pengabdian masyarakat, termasuk penerimaan mahasiswa baru (PMB).Pelaksanaan kegiatan ini dikordinator langsung oleh Ivon Arisanti, Ph.D, Selaku Dekan Fakultas Psikologi dan humaniora.

Pelaksanaan sosialisasi ini merupakan ajang untuk pengenalan prodi yang ada di Fakultas Psikologi dan Humaniora dan Universitas Teknologi Sumbawa sebagai salah satu Universitas terbaik di Nusa Tenggara Barat dan khususnya pulau sumbawa . Adapun prodi yang ada, seperti: Bahasa dan kebudayaan Inggris, Sastra Indonesia, Ilmu Sejarah, Seni Musik, Seni Tari, dan Psikologi.

“Pelaksanaan sosialisasi ini memberikan informasi kepada masyarakat tentang adanya peluang yang ada di Universitas Teknologi Sumbawa, dan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kurang mampu dan memiliki semangat untuk belajar mengejar mimpi dalam mengapai pendidikan strata (S1). Dengan adanya potensi muda yang ada di desa dan dibekali dengan pendidikan tinggi diharapkan dapat menjadi agant of change dalam meningkatan sumber daya dan pengembangan desa. Selain itu harapannya dari pihak aparat desa bisa melakukan sebuah kolaborasi dalam pemberian informasi dan mempermudah proses administrasi ketika putra/putri daerah atau desa ingin melanjutkan pendidikan tinggi terutama di Universitas Teknologi Sumbawa. Dengan data yang dimiliki oleh desa diharapkan desa menjadi mitra yang dapat bersinergi dengan Universitas Teknologi Sumbawa dalam Penerimaan Mahasiswa Baru” Ungkap Ivon Arisanti, Ph.D, dalam pemaparan materi sosialisasi.

Selain itu, banyak sekali beasiswa yang mampu diserap oleh masyarakat seperti Beasiswa Tahfidz, Beasiswa Nusantara, Beasiswa Tau Samawa, Beasiswa OVTE, Beasiswa prestasi dan Beasiswa Seni dan Budaya.

Masyarakat antusias dalam program ini, hal ini ditandai dengan banyaknya antusias tokoh masyarakat, kepala dusun yang terbantu atas adanya program ini sehingga mereka memiliki harapan untuk menyekolahkan warganya, keluarga maupun kerabat yang ingin lanjut sekolah akan tetapi terhalang dengan biaya.