Kantor Bahasa NTB tunjuk Universitas Teknologi Sumbawa gelar Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI)

Foto bersama antara Kantor Bahasa Provinsi NTB dengan peserta Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Senin (22/04) (Doc. Humas FPH)

Sumbawa – Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat gelar Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di Gedung STP Universitas Teknologi Sumbawa, Senin (22/04). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam pelaksanaan program untuk melakukan sarana uji untuk mengukur tingkat kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Sosialisasi dan Pengujian Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi siswa dan mahasiswa ini merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat , yang dilaksanakan dari tanggal 22-25 April yang dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Pemilihan Universitas Teknologi Sumbawa, tidak lepas dari kerjasama yang dilakukan oleh pihak kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa.

Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Hj. Niken Saptarini Widyawati, S.E., M.Sc. Memberikan sambutan sekaligus membuka acara Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). (Doc. Humas FPH)

Acara yang dibuka oleh rektor Universitas Teknologi Sumbawa Hj. Niken Saptarini Widyawati, S.E., M.Sc. Menjelaskan tentang banyak sekali kerjasama yang telah dibangun antara pihak kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Universitas Teknologi Sumbawa.

“Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Bahasa Indonesia merupakan Bahasa yang kita sepakati sebagai Bahasa persatuan dan Bahasa pengantar tentu juga kita harus berbicara Bahasa yang baik dan benar bias diperoleh tanpa usaha namun harus ada upaya bagaimana cara kompetensi berbahasa yang baik dan benar, ” ujar Niken Saptarini Widyawati, memberikan tanggapan terhadap keberlangsungan program sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Acara selanjutnya diisi oleh Bapak Hartanto, S.S (Selaku Perwakilan dari Tim Kantor Bahasa NTB) memberikan materi tentang pentingnya pelaksanaan kegiatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Hartanto menekankan bahwa pelaksanaan uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, membangun sebuah tingkat ukur dalam kemahiran mengguanakan Bahasa Indonesia, sehingga mampu untuk mengkritis bagi dan kemahiran dalam berbahasa Indonesia.