Dosen Prodi Sastra Indonesia Ikuti Bimtek Penulisan Cerita Anak yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mataram, 29/2/2024 – Salah satu dosen dari Program Studi Sastra Indonesia, Rahmin Meilani Putri, M.A. berhasil terpilih menjadi peserta Bimtek Penulisan Cerita Anak yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak 27–29 Februari 2024 dan diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat. Peserta tersebut merupakan penulis terpilih yang dijaring oleh Tim Kantor Bahasa NTB sejak awal Februari lalu. Penjaringan dilakukan dengan mengirimkan naskah cerita anak yang kemudian diseleksi oleh tim juri. Naskah dan penulis yang terpilih diberikan bimbingan teknis sebagai upaya untuk menghasilkan cerita-cerita anak berbahasa daerah yang berkualitas.

Judul naskah yang diajukan ada dua. Namun, yang lolos hanya satu, yaitu berjudul Disa Nono Loi. Ungkap Dosen yang memang menggeluti kesastraan itu. Sesuai dengan arahan dan ketentuan lomba, naskah cerita anak tersebut diperuntukkan bagi anak usia 0-7 tahun.  Naskah yang ditulis dalam bahasa Mbojo tersebut berhasil lolos setelah bersaing dengan lebih dari 100 naskah yang masuk ke panitia. Kegiatan yang diselenggarakan di Lombok Raya Hotel tersebut memberikan arahan kepada peserta terkait kiat-kiat menulis cerita anak yang sesuai dan bagaimana membuat ilustrasi cerita yang benar sehingga ilustrator mudah menuangkan cerita dalam bentuk gambar. Pada kegiatan tersebut, seluruh naskah yang lolos akan diminta untuk diperbaiki sesuai arahan pemateri. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghasilkan cerita anak yang bagus, menarik, serta sesuai dengan usia pembaca yang dituju. Selama kegiatan berlangsung, Rahmin Meilani Putri juga memperoleh kesempatan untuk berbaur dan berbagi dengan seluruh penulis cerita anak terpilih yang berasal dari Sasak, Samawa, dan Mbojo. Dosen Prodi Sastra Indonesia tersebut berharap dapat menjadi penulis cerita anak yang produktif menghasilkan bacaan-bacaan yang bermutu bagi anak-anak di Pulau Sumbawa, NTB, dan seluruh Indonesia.