Dosen Sastra Indonesia UTS  Berkolaborasi dengan Mahasiswa MBKM Mengisi Kegiatan Literasi di SMPN 3 Moyo Hulu

Dua Dosen dari program studi Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Teknologi Sumbawa menjadi narasumber dalam kegiatan literasi di SMPN 3 Moyo Hulu, Sumbawa. Dua dosen tersebut adalah Jumianti Diana, S.S.,M.Pd. dan Luthfiyah Kurniawati, M.Pd. Keduanya bekerja sama dengan mahasiswa yang sedang melaksanakan program MBKM UTS Mengajar di SMPN 3 Moyo Hulu.

Kegiatan literasi yang diisi oleh kedua dosen tersebut berlangsung selama dua pekan dan dilaksanakan selama tiga hari. Hari pertama pada pekan pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 23 November 2023 yang diisi dengan literasi umum. Semua siswa berkumpul di lapangan sekolah dan kedua dosen membagikan pengetahuan dan pengalaman mengenai kreativitas membuat mading. Kegiatan hari pertama tersebut disambut oleh Arifin, S.Pd. selaku wakil kepala sekolah.

Pada pekan pertama tersebut, siswa mulai diseleksi berdasarkan bakat dan minatnya oleh mahasiswa program MBKM yang diketuai oleh Ayunda Kinasih Setyaningtiyas dari program studi Teknik Metalurgi. Penyeleksian siswa didampingi oleh guru mata Pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu Uci Purnamasari, S.Pd. sehingga terseleksi sejumlah dua puluh tiga siswa yang akan dibimbing untuk membuat mading di sekolah mereka.

Pertemuan pekan kedua dilaksanakan pada hari Kamis, 30 November 2023. Kedua dosen disambut baik oleh  Kepala SMPN 3 Moyo Hulu, yaitu Endang Sulastri, S.Ag.,M.Pd. “Saya berterima kasih kepada kedua ibu dosen dari prodi Sastra Indonesia UTS karena sudah bersedia meluangkan waktu untuk melatih dan membimbing siswa kami dalam kegiatan literasi,” kata beliau dengan penuh semangat.

Hari itu dua dosen dan para siswa disiapkan ruangan khusus untuk melaksanakan pelatihan. Para siswa mulai dilatih dalam menulis berita dan menulis karya sastra berupa cerpen dan puisi. Siswa cukup antusias dalam belajar menulis. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan setia mendampingi dua dosen dan siswa-siswinya.

Pertemuan ketiga dilaksanakan pada Sabtu, 2 Desember 2023. Siswa dibimbing dalam membuat majalah dinding berdasarkan karya-karya yang mereka hasilkan dari pelatihan sebelumnya. Siswa bekerja sama membuat majalah dinding dengan diarahkan oleh kedua dosen, dibantu oleh tim mahasiswa UTS mengajar dan dua mahasiswa dari prodi Sastra Indonesia serta terus didampingi oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hingga kegiatan selesai di hari tersebut.

Guru mata Pelajaran Bahasa Indonesia merasa sangat senang. “Saya berterima kasih atas kerja sama dan kesempatan yang diberikan pada sekolah kami sebagai sekolah mitra kampus UTS. Terima kasih juga atas bantuan kedua dosen Sastra Indonesia karena sudah bersedia berbagi ilmu bersama kami,” tutur  Uci Purnamasari, S.Pd.