HIMA Psikologi Menghadirkan Dosen dan Alumni MSIB pada Sharing Session Kampus Merdeka

Sumbawa, 2 Desember 2023). Dalam rangka mensosialisasikan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka, Organisasi Himpunan mahasiswa Program Studi Psikologi (HIMAPSI) Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa menghadirkan Dosen dan Alumni MSIB dalam kegiatan “Sosialisasi dan sharing session Alumni MSIB” yang dilaksanakan secara Daring (Online) melalui platform Zoom pada hari Sabtu tanggal 2 Desember 2023 dengan melibatkan mahasiswa program studi Psikologi. Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua Program Studi Psikologi, Ibu Ayuning Atmasari, M.Psi., Psikolog. Dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. “Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Kegiatan sangat penting untuk, tidak saja untuk pengembangan karier mahasiswa, juga bagi program studi”, ungkapnya.

Kegiatan dilaksanakan untuk tujuan memberikan gambaran, pengalaman, dan tantangan sekaligus memfasilitasi mahasiswa yang tertarik untuk mencari pengalaman baru di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah dalam program MSIB.

MISB sendiri merupakan program unggulan dari Kemendikbud yang didesain sebagai program magang dan pola pembelajaran khusus. Dalam kegiatannya, berbagai mahasiswa dari program Diploma (D2/D3) dan Strata Satu (S1) ikut menjadi peserta dengan seleksi yang cukup ketat.  Menurut Anggun Afriani selaku Alumni Magang Batch 4 di Bluebird, kegiatan Magang diikuti oleh banyak mahasiswa dari berbagai sekolah/universitas negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. “Pada program Magang sendiri, pendaftarnya sangat banyak dengan seleksi yang cukup ketat” tuturnya Anggun ketika membagi pengalamannya saat mendaftar magang. Demikian juga disampaikan oleh Hilmi Husnul Khotimah yang lolos pada program Studi Independen di Sekolah Ekspor Batch 4. “Banyak sekali yang tidak lolos administrasinya” ungkap Hilmi dalam sharing pengalamannya.

Kegiatan MSIB menjadi menarik dan banyak peminatnya karena mahasiswa dapat melakukan konversi mata kuliah menjadi 20 SKS. Di samping itu, mahasiswa akan mendapatkan mengasah kemampuan dan bakat minatnya melalui berbagai program yang dipilih, selain dapat meningkatkan peluang karier setelah selesai studi. Hal itu diungkapkan oleh Bapak Lukmanul Hakim, M.Pd., selaku Dosen Pendamping Program (DPP) Batch 5 penempatan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Surabaya.

Webinar ini bertujuan mensosialisasikan dan membagikan pengalaman seputar MSIB. Melalui sesi tanya jawab dan diskusi terbuka, peserta dapat berinteraksi langsung dengan para alumni dan DPP MSIB. HIMAPSI UTS berharap mahasiswa dapat memperoleh informasi yang berguna, motivasi, dan pandangan yang jelas mengenai potensi karier dan peluang setelah menyelesaikan program MSIB. Selain itu, diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dan mempersiapkan diri sebaik mungkin pada program MSIB Batch 6.