Gelar Festival Budaya Sumbawa Sebagai Upaya untuk Melestarikan Warisan Budaya

Sumbawa menjadi salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan budaya dan sejarah. Berbagai kekayaan budaya seperti kesenian, adat istiadat, kuliner, dan sejarah dapat ditemukan di sini. Namun, kekayaan tersebut belum sepenuhnya dikembangkan dan diapresiasi oleh masyarakat luas. Sebagai upaya untuk meningkatkan apresiasi dan kecintaan masyarakat terhadap budaya Sumbawa, 4 program studi Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa berkolaborasi menggelar acara Festival Budaya Sumbawa bertajuk tema “ Menjaga Warisan Budaya untuk Masa Depan yang Lebih Baik”. Kegiatan ini sukses diselenggarakan pada Sabtu, 11 November 2023 sampai dengan 12 November 2023 bertempat di Sumbawa Techno Park dan Taman Mangga.

Rangkaian dari Festival Budaya Sumbawa diawali dengan kegiatan Seminar Budaya Tana Samawa, Sabtu 10/11/23 bertempat di Sumbawa Techno Park (STP) dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Mufti Jauhari, S.Pd.SD. selaku penggiat Seni Budaya Sumbawa, Arief Rahzen, M.Sos. selaku pekerja budaya, Rival Ihsan, M.Sn. yang merupakan Dosen sekaligus kurator dalam acara Festival Budaya Sumbawa (FBS) dan Moderator Hendra Gunawan, S.Pd., M.Pd yang merupakan Dosen Sastra Indonesia UTS. Dalam kegiatan ini juga menghadirkan Chairul Hudaya, Ph.D selaku rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sebagai keynote speaker menyampaikan “ bahwa begitu penting kita menjaga dan melestarikan nilai nilai warisan budaya.  Tantangan yang kita hadapi begitu besar. Jangan sampai nilai-nilai baik dari warisan budaya tersebut hilang terutama dikalangan generasi muda”. Tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UTS juga menambahkan “ Kampus kita memang kampus yang dekat dengan bidang teknologi. Namun teknologi tanpa sentuhan seni, sosial dan humaniora juga akan pincang. Kehadiran berbagai prodi seni dan soshum ini memperkuat kampus ini untuk terus memberikan akses pendidikan tinggi yang berkualitas bagi masyarakat banyak” Ungkapnya.

Kegiatan dilanjutan dengan pembukaan festival bertempat di Taman Mangga. Pembukaan festival melibatkan sejumlah pihak mulai dari akademis, praktisi, UMKM dan sejumlah media lokal. Para partisipan sukses mempersembahkan karya tari, teater dan musik yang mengangkat cerita rakyat daerah Sumbawa.

Turut hadir Drs. Abdul Azis, M.Si. selaku staf ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM mewakili Bupati Kabupaten Sumbawa menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Festival Budaya Sumbawa dan berharap acara ini dapat terus dilakukan secara periodik. Terselenggaranya acara ini didukung oleh kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Wiwik Surya Utami, S.S,. M.Pd selaku ketua pelaksana berhasil lolos sebagai penerima hibah Dana Indonesiana Stimulan Kegiatan Ekspresi Budaya.

Wiwik Surya Utami, S.S., M.Pd. Selaku Ketua Program Studi Sastra Indonesia juga sebagai ketua pelaksana menyampaiakan bahwa “ Festival Budaya Sumbawa ini dapat menjadi wadah untuk membangkitkan semangat cinta dalam melestarikan budaya sumbawa khususnya bagi generasi muda. Selain itu, tujuan lain juga untuk meningkatkan pariwisata di Sumbawa, mempromosikan potensi wisata lokal, serta menghidupkan ekosistem seni”. Jelasnya.