Visitasi Tim Asessor BAN-PT Dalam Rangka Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Sastra Indonesia

Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menerima kunjungan dari TIM Asseor Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN PT) pada Senin, 6 November 2023. Kunjungan ini merupakan bagain dari proses asesmen lapangan akreditasi program studi Sastra Indonesia.

Assesor BAN-PT yang melakukan visitasi Program Studi Sastra Indonesia adalah Dr. Kastam Syamsi, M.Ed dari Universitas Negeri Yogyakarta , Prof. Dr. Dyah Werdiningsih dari  Universitas Islam Malang dan Iwan Supriyanto selaku staf BAN-PT.

Kegiatan Visitasi diawali dengan pembukaan asessmen, pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan. Dilanjutkan dengan sesi bersama Pimpinan UPPS & Prodi untuk mengonfirmasi mengenai kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan UPPS dan Prodi. Dilanjutkan dengan konfirmasi mengenai data LKPS data Prodi berkaitan dengan penetapan data LKPS final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif. 

Pada hari yang sama, penjaminan mutu internal yang membahas mengenai konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas SPMI yang meliputi seluruh siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, laporan berkala, dan bukti tindak lanjut hasil SPMI. Kemudian dialnjutkan dengan sesi bersama  sesi bersama Tenaga kependidikan dan sesi bersama Alumni/Pengguna Alumni & Mahasiswa.

Roni Hartono, M.Pd juga selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Humaniora mengucapkan “selamat atas terselenggaranya kegiatan visitasi akreditasi oleh tim asseror BAN-PT semoga  melalui kegitan ini program studi sastra Indonesia mendapatkan hasil yang terbaik “, ungkapnya

Selain itu, Wiwik Surya Utami, S.S., M.Pd. selaku ketua program Sastra Indonesia juga menyampaikan “ Terimakasih kepada dosen, mahasiswa dan tendik yang telah membantu kegiatan ini. Kami beserta tim sudah berusaha dengan semaksimal mungkin dan besar harapan kami juga dapat memperoleh hasil yang terbaik” tuturnya