Kolaborasi Museum Negeri NTB dan Prodi Ilmu Sejarah UTS Sukses Menggelar Kuliah Museum

Sumbawa- Kolaborasi Museum Negeri NTB dan Program studi ilmu sejarah Universitas Teknologi Sumbawa sukses menggelar kegiatan kuliah museum bertajuk tema ” Mengenal Koleksi Sejarah Sumbawa di Museum NTB”, Senin, 17/10/23 bertempat di Sumbawa Techno Park (STP). Acara tersebut sebagai upaya untuk memberikan informasi terkait dengan sejarah koleksi Sumbawa yang ada di Museum NTB. 

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa lintas jurusan yang tertarik untuk mengetahui sejarah Sumbawa. Pembicara pada kuliah museum ini yaitu Subari M.Pd yang merupakan dosen program studi ilmu sejarah dan Heru Indrawan, S.S yang merupakan tim dari Museum NTB. 

Kuliah museum ini diawali dengan sambutan Ahmad Nuralam, S.H., M.H. yang merupakan kepala museum NTB. Dalam sambutannya menyampaikan ” kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari 23 Universitas yang menjadi mitra kerjasama.”

ia juga menambahkan ” melalui hasil kajian yang telah dilakukan oleh tim dari museum, kami menemukan bahwasannya di UTS merupakan kawasan peradaban yang dimana hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa situs bersejarah. Oleh karena itu, kami ingin kedepannya membentuk tim pokja untuk menginvetaris benda cagar budaya di kawasan ini yang nantinya akan dibentuk museum” tuturnya. 

Selaras dengan yang dikatakan kepala Museum NTB, Roni Hartono, M.Pd selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Humaniora mendukung terkait dengan rencana pembentukan tim pokja untuk menginvetaris benda cagar budaya. ” Sudah saatnya kita sebagai generasi muda Sumbawa bisa menentukan langkah selanjutnya dan bisa menciptakan sejarah baru untuk berikutnya”. Ungkapnya.

Subari, M.Pd mengawali materinya menjelaskan tentang sejarah terbentunknya daerah Sumbawa. Dan dilanjutkan oleh tim museum menjelaskan terkait dengan peninggalan sejarah daerah Sumbawa yang terdapat di museum NTB.