Kembangkan Kemampuan Siswa, Dosen FPH Berikan Seminar KTI di SMA IT Samawa Cendikia

Dalam rangka penguatan kompetensi dosen dan tugas tridarma perguruan tinggi, dosen Fakultas Psikologi dan Humaniora, dari program Studi Psikologi, yaitu Lukmanul Hakim, M.Pd., dan Junaidin, S.Pd.,M.Psi, menjadi narasumber dalam Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah (TKI) yang diselenggarakan oleh SMA Islam Terpadu  Samawa Cendikia pada hari Senin, tanggal 7 Agustus 2023. 

Kegiatan seminar KTI ini diikuti oleh seluruh siswa siswi kelas X dan XI yang berjumlah ± 70 orang. Dalam sambutannya, kepala sekolah mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru dalam penulisan buku atau karya ilmiah lainnya untuk para siswa. Kegiatan ini tidak saja dikhususkan kepada siswa saja, juga kepada para guru yang berkesempatan hadir dalam seminar ini guna mendapatkan wawasan dan tambahan informasi tentang penulisan karya tulis ilmiah. “Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran proses penyusunan KTI hingga nanti menghasilkan karya-karya nyata” ungkap Muslim, S.E., M.Inov., selaku kepala sekolah di tengah sambutan yang diberikan.

Dalam sesi penyampaian materi oleh Lukmanul Hakim, mengungkapkan bahwa proses penulisan merupakan salah satu kecakapan yang harus dimiliki di Abad 21 saat ini. “Di antara keterampilan Abad 21, beberapa diantaranya adalah menulis, membaca, berkomunikasi, dan menulis konten” ungkapnya Lukman yang menjadi pembicara kunci pada sesi paparan materi.

Keterampilan menulis menjadi yang harus terus dilakukan, dimulai dengan menulis hal-hal sederhana hingga menulis artikel ilmiah sesuai dengan masing-masing tujuannya. Kegiatan webinar berlangsung cukup aktif dengan banyak pertanyaan yang menjadi kegelisahan bagi penulis pemula.

“Insyaallah, kegiatan berikutnya mudahan dapat dilaksanakan dalam bentuk workhsop mini dengan durasi yang cukup panjang hingga karya-karya siswa-siswi dapat dibukukan” tutur pemateri mengakhiri penyampaian materinya.