Menjelang Audit Mutu Internal (AMI), UPMF Psikologi dan Humaniora mengadakan Sosialisasi dan Persiapan Teknis

Audit Mutu Internal (AMI), UPMF Psikologi dan Humaniora di Gedung Karim, Senin (24/06). (Doc : Istimewa)

Dalam rangka menjaga mutu institusi pada program studi di lingkungan Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa, Unit Penjamin Mutu Fakultas (UPMF) melakukan sosialisasi dan penguatan teknis terkait dengan persiapan akreditasi Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2024 diisi langsung oleh Ketua UPMF Lukmanul Hakim, M.Pd., yang di hari oleh semua jajaran pimpinan fakultas dan ketua program studi di lingkup Fakultas Psikologi dan Humaniora.

Audit Mutu Internal (AMI) sendiri mempunyai tujuan untuk melihat peningkatan mutu dan terjaminnya akuntabilitas dari pelaksanaan standar yang ditetapkan. Dengan mengidentifikasi temuan atau ketidaksesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi di tingkat program studi dengan standar yang telah ditetapkan dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), AMI membantu meningkatkan kualitas pendidikan, di samping memantau kesesuaian pencapaian tujuan dan pelaksanaan dengan standar yang telah ditetapkan. “Ya, melihat capaian mutu dan akuntabilitas pelaksanaan standar” ungkap Lukman, selaku ketua UPMF.

Pelaksanaan sosialisasi dan penguatan teknis ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari arahan Badan Penjamin Mutu Akademik (BPMA) Universitas Teknologi Sumbawa tentang pelaksanaan evaluasi reguler. Audit sendiri akan dilaksanakan pada rentang waktu di bulan Juli s.d. Agustus 2024 pada enam (6) program studi di bawah Fakultas Psikologi dan Humaniora, yaitu: program studi Psikologi, Seni Tari, Seni Musik, Sejarah, Sastra Indonesia, dan program studi Bahasa dan Budaya Inggris.