Prodi Psikologi UTS Gelar Psikoedukasi Kesehatan Mental Pencegahan Self Harm pada Remaja

Foto bersama antara, Peserta Sosilisasi dengan Team Program Studi Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa. Sabtu (11/05), Ruangan Lab SMPN 1 Labuhan Badas. (Doc : Humas FPH)

Sumbawa – Program Studi Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa, selenggarakan pengabdian masyarakat, dengan tema “Psikoedukasi Kesehatan Mental Pencegahan Self Harm pada Remaja” Pada, Sabtu (11/05) di SMPN 1 Labuhan Badas. Kegiatan ini memberikan sebuah edukasi terutama kepada anak-anak remaja tentang pentingnya mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh Self Harm.

Kegiatan pengabdian ini di ketuai oleh Aisha Putri selaku ketua, Yossy Dwi Erlina, Efan Yudha Winarta, Ayuning Atmasari, dan Imammul Insan. Kegiatan ini dihadiri oleh siswi kelas tujuh (7),delapan(8),  dan Sembilan (9) SMPN 1 Labuhan Badas.

Pemberian Materi oleh Aisha Putri, mengenai Pencegahan Self Harm Pada Siswi SMPN 1 Labuhan Badas, Sabru (11/05), Ruangan Lab SMPN 1 Labuhan Badas. (Doc : HUMAS FPH)

Kegiatan ini dibuka oleh Imammul Insan, S.Psi., M.Si. Selaku kaprodi Psikologi menjelaskan dalam pembukaannya. “Kegiatan ini merupakan pengabdian kami dari program Studi Psikologi, dalam melihat persoalan yang ada sekarang di Masyarakat. Jadi salah satu perhatian kami adalah munculnya kebiasaan pada remaja yaitu “Self Harm” hal ini kami memberikan pentingnya permasalahan ini dan mengedukasi kepada adik-adik agar mampu melihat sekitarnya dan menjadi agen untuk pencegahan dan edukasi kepada teman-teman di sekitarnya”.

Selain itu kegiatan ini diterima baik oleh pihak sekolah,  Saleha, S.Pd, selaku Guru BK SMPN 1 Labuhan Badas. “Terima kasih atas pihak sudah berkesempatan mengisi kegiatan sosialisasi ini. Kebanyakan anak-anak sering melakukan itu, tapi ketika konseling sudah tidak dilakukan lagi. Kegiatan ini sangat penting bagi anak-anak serta memberikan pemahaman bagi kami tentang kesehatan Mental Self Harm pada Remaja”