Diskusi Interdispliner Serikat Suara

Program Studi Seni Musik Fakultas Psikologi dan Humaniora UTS, kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi interdispliner pada Jumat, 17/03/2023 bertempat di Gedung FISIP UTS.

Kegiatan ini merupakan bentuk usaha dari prodi Seni Musik dalam berkolaborasi dengan berbagai displin ilmu di lingkup UTS. Dalam hal ini, prodi Seni Musik bekerja sama dengan prodi Sosiologi melakukan diskusi ilmiah yang bertemakan serikat suara sebagai jalan dalam memahami relasi musik dengan setiap individu secara terorganisir

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D , Dosen FISIP, Dosen FPH, Mahasiswa Program studi Seni Musik dan Mahasiswa Program Studi  Sosiologi.

Pemateri dalam diskusi ini yaitu Imam Yuliadi, M.Si. Dosen Program Studi Sosiologi. Sebagai pemateri pertama, menyampaikan bagaimana musik dalam sudut pandang sosiologi ” Sihir musik berlangsung intens dalam rasa jiwa tiap individu, bahkan masuk ke dalam alam bawah sadar seseorang. Sedangkan disisi lain orang yang menciptakan musik mempropagandakan nilai-nilai sosial dalam syair-syair dan ritme yang menggugah kesadaran.”

Pemateri kedua yaitu Rivaldi Ihsan, M.Sn Dosen Prodi Seni Musik mejelaskan sudut pandang dari ilmu seni musik  mempengaruhi sosial “Musik menjadi  bagian dari sosial sebab aktor- aktor yang terlibat didalamnya saling mempengaruhi. Aktor memainkan lirik lagu sebagai pesan moral tentang ideologi apa yang dirasakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.” tutur Ihsan

Sejatinya sosiologi dan seni musik merupakan dua aspek yang saling berkaitan dimana musik dapat mempengaruhi ideologi yang dirasakan oleh masyarakat melalui syair-syair lagu yang mempropagandakan nilai-nilai sosial.